Wednesday, April 8, 2009

CATATAN HARIAN OPERATOR KARUNG

JILID KEDUA : CAPE…DAH….

Sebelumnya di catatan harian operator dodol, beberapa siswi smp ketawa-ketawa kecil seakan tebar pesona , tapi sambil liat ke gw.

“Mas ada salam dari temen”

“Mas mirip Afgan”

keringat sudah tidak terbendung lagi, dari dahi sampe punggung.

“tapi serius juk, .u mirip Afgan, selewat tapi” temen gw melemparkan pernyataan yang sama dengan siswi-siswi smp td siang

mirip Afgan…mirip Afgan…mirip Afgan…..

STOP!!!!!!!!

Ini teh bukan sinetron kok jadi ada review edisi sebelumnya.. cape…daah. Fiuhh!!! gw hapus keringat didahi dan melangkah masuk ke tempat kerja. .

“pagi mba!” sapa gw ke operator yang jaga di lantai 1

“pagi om Afgan” mba menjawab sapaan gw. Langsung saja gw kasih tanda tutup mulut ke mba karena masih merasa tidak nyaman dengan panggilan itu. Benar saja user-user yang sedang asik main seketika langsung mengalihkan pandangan ke arah gw, maluuu gw tundukkan kepala dan melangkah cepat menuju ke lantai 2.

Yoi lantai 2 lagi gw jaga. Seperti biasa, olahraga dulu beres-beres komputer client, naikin mcb listrik, nyalakan komputer billing, tidak lupa juga siapkan makanan minuman yang akan dijual, cek stok awal, jrengg siap jaga. Duduk manis dikursi panas, senyum disiapkan buat user-user yang mau main. Online dulu ah di yahoo messenger, ga online bisa di kasih surat cinta alias surat peringatan sama supervisior (spv) gw.
Jadi teringat kata-kata sakti dari spv yang suka di sampaikan ke semua operator bawahan nya termasuk gw

“inget SOP, SOP…wajib online, tidak boleh makan dibilling, layanin user dengan ramah….bla bla bla…”

banyak bener, saking banyaknya yang inget cuman sedikit he he he, maaf Bu spv.

Waaah sudah banyak juga yang sudah online. Suka asik ngeliat status temen-temen yang online…ada yang jatuh cinta, ada yang narcist ria, ada yang maki-maki, ada yang emosi, ada juga yang saling menjelekkan lewat status. Senyum-senyum gw dibuat sama status-status mereka.

Keasikkan baca status-status temen di yahoo messenger (ym) ga nyadar klo udah ada user yang mau maen.

“Paket Mas”

“Paket yang berapa jam”

“yang 3 jam”

“loginnya di paket, paketnya 2 passwordnya 1 ya”

tidak lama user langsung memberikan uang sebagai pembayaran untuk paket, kemudian gw persilahkan user menuju komputer client yang masih kosong. Gw nyalakan komputernya dan mempersilahkan user untuk menunggu sampai bisa login. “silahkan..”

langsung saja gw kembali ke meja billing dan menenggelamkan diri dalam keasikan chatting via yahoo messenger bareng temen-temen. Namun keasikan itu tidak bertahan lama. User yang maen paket tadi memanggil tampaknya meminta bantuan.

“mas…mas”

“ya…” langsung saja gw beranjak menuju tempat user yang manggil barusan

“cara supaya lagu yang ada di cd saya supaya bisa di dengar bagaimana caranya mas?”

“oo..buka dulu program winamp, terus tinggal di add aja ke playlist”

“bagaimana buka nya mas?”

waah ni bocah kagak ngerti keliatannya. Dengan sabar gw tunjukkin cara-caranya

“begini…”

“terus klo lagu-lagunya sudah masuk daftar, tinggal di play aja…”

“ini contohnya…selanjutnya lakukan sendiri ya”

“oo iya…makasih mas”

“sama-sama”

kemudian ku tinggalkan user tadi menuju meja billing. Namun belum juga gw sampe ke meja billing user tadi manggil lagi

“mas…mas..kok gak bisa ya”

“iya…sebentar”

kesabaran gw sudah mulai terusik neh. Tarik nafas dulu lalu gw balik arah menuju meja user tadi

“gak bisa kenapa”

“ini mas di play ga muncul suaranya”

“sebentar saya liat dulu….cdnya kemana?”

“saya keluarkan mas”

“pantes aja gak bisa, cdnya harus terpasang, jangan di keluarkan dulu klo mau bisa didenger”

“kecuali klo lagunya di copy dulu ke hardisk”

“copy gimana mas?”

wadooh copy aja belum bisa, ampun-ampun, musti ekstra sabar gw. Lagi tarik nafas dulu, lalu dengan perlahan gw kasih tau caranya mengcopy file dari cd ke hardisk.

“selanjutnya kerjakan sendiri lagi ya”

“iya …makasih Mas”

langsung saja setelah itu gw melangkah ke meja billing. Mudah-mudahan dia kagak manggil lagi. Sudah mau sampai ke meja billing. Sudah terbayang saja mau ngelanjutin chatting bareng temen-temen.

Pasti kalian sudah pada nebak user tadi manggil lagi gw terus gw balik lagi ke meja, dan kesabaran gw hampir habis, lalu melangkah dengan sedikit emosi. Bener kan, bener toh? He he he.boong deng hanya menerka-nerka saja. Tapi tenang saja bagi yang tidak menebak seperti itu, anda sungguh beruntung karena akhirnya gw bisa duduk lagi di meja gw dan menikmati asik chatting bareng temen-temen. Chattingan bareng temen-temen cukup menstimulus kesabaran gw yang mulai berkurang, begh bahasanya stimulus kayak yang tau aja artinya paan. Au dah intelekkan dikit.

Seperti sudah santapan sehari-hari chatting selalu mengisi setiap kali gw jaga, mau sama temen sesama operator maupun temen-temen yang baru dikenal bahkan temen yang belum pernah bertemu pun serasa temen yang sudah kenal lama sekali hanya dari chatting. Kalau chatting sudah kagak inget dah yang namanya waktu. Padahal aktifitas pembicaraan nya begitu-begitu saja, dari sekedar say hello sampe curahan hati semua tumpah ruah di chattingan.

“Mas…mas….” User tadi memanggil gw lagi

“iya….” Jawabku sambil melangkah menuju komputer dia bermain

“bisa print tidak mas?”

“bisa, save dulu filenya ke komputernya terus nanti printnya di lantai 1”

“saya mau print file ini mas, bagaimana save nya”

untungnya stimulus sudah bekerja dengan baik, jadi kesabaran gw masih full kapasitasnya. Perlahan tapi pasti gw bimbing user ini bagaimana cara save file dari web.

“sudah, selanjutnya tinggal di print di lantai 1”

“ok makasih mas”

“sama-sama”

kali ini gw tidak langsung menuju meja billing, tapi gw melangkah menyusuri komputer-komputer user, merapikan kursi dan komputer yang kurang rapi. Pada saat melewati komputer user tadi. User tadi meanggilku lagi.

“mas…mas file ini kok tidak bisa di save ya?” segera langkahku menuju komputer user tersebut

“oo..ini file adobe…cara ngesavenya tinggal klik aja icon disket…..” lagi-lagi gw jelaskan dengan sabar

“oke makasih mas”

Kali ini gw hanya menjawab dengan tersenyum, dan bergegas meninggalkan komputer user tersebut. Baru saja gw menduduki kursi billing, user tadi sudah memanggilku lagi

“mas..mas kok filenya tidak bisa dibuka ya”

“iya…” sabar gw udah mulai mengikis… tinggal emosi yang berkecamuk kini, namun kesabaran masih berusaha menenangkan gw. Segera ku temui user tersebut lagi

“kenapa?”

“ini mas filenya kok ga bs dibuka ya, padahal udah saya save”

Gua coba buka file tersebut dan benar file tersebut tidak dapat dibuka, perlahan gw perhatikan yang salah. Tidak lama gw temukan juga letak kesalahan dari file tersebut.

“ngesavenya tadi kayak gimana?”

“klik file terus save as” mendengar yang dia sebutkan gw tertahan dan menghela nafas sejenak.

“tadi kan sudah dikasih tau, klik tanda disket ini terus di save” gw jelaskan kembali dengan sedikit tegas hasil dorongan emosi yang kini sudah mulai mengalahkan kesabaran gw. Kalo bisa digambarkan muka gw sudah setengah merah sebagai ekspresi emosi yang sudah mulai naik.

Terasa kondisi berbeda kali ini gw meninggalkan komputer user tersebut dengan tarik nafas tiada henti sepanjang langkah kaki gw menuju meja billing, bermaksud meredam emosi yang terus beranjak naik, dan terasa sudah mulai panas kini. Dalam tarikan nafas kesekian terhenti, dan langkah kaki mengunci mendengar user tadi lagi memanggil gw, dan seketika peredaman emosi terhenti dan panas mulai meninggi warna merah sudah hampir mewarnai raut muka gw. Fakus fikiran sudah mulai bercabang, detak jantung sudah mulai mempercepat detak nya.

“mas…mas….kalau mau save video dari internet bagimana ya?”

Sepertinya emosi gw sudah tidak terbendung lagi, tapi gw tetep berusaha buat meredam meskipun usaha mendekati sia-sia karena dengan nada sinis gw jawab pertanyaan user tadi

“maaf saya tidak tahu…” padahal sebetulnya gw tahu caranya, hanya untuk menghambat laju pertumbuhan emosi, gw skak pertanyaan dia dengan jawaban tidak tahu. Yang gw liat user itu hanya terdiam saja dengan tampak lugunya, sepertinya juga dia tidak berani menatapku, karena pandangannya terus menuju layar monitor didepan nya. Mungkin warna merah legam sudah memenuhi muka gw, dan dia bisa melihat serta merasakan dari jawaban yg gw berikan tadi. Tanpa sempat gw lihat layar monitor komputer dia atau link video yang mau dia download, gw langsung balik arah kembali menuju meja billing.

Belum sempat 180 derajat gw balikkan badan gw menuju meja billing, user tadi sudah memanggil gw lagi.

“mas…mas kesini sebentar, video ini yang mau saya download bagaimana ya caranya?”

Emosi ini sudah bisa terbendung gw lagi. Rona merah sudah tidak memenuhi muka gw lagi tapi bahkan sudah menjalar kesuluruh tubuh gw. Dan panas pun sudah makin meninggi, bahkan mungkin akan memecahkan termometer apabila dimasukkan ke mulut gw. Dengan berat gw balik arah kembali dan melangkahkan kaki menuju user tersebut. Tiap langkah yang gw tempuh menambah temperatur panas yg gw rasakan. Dengan nada sinis, dan tegas yang sedikit terbata, namun tetap gw pelankan suara gw, yang tidak menimbulkan teriakan yang hanya akan menambah konyol gw.

“Maaf…sekali lagi saya sampaikan, saya tidak tahu caranya download video dari internet”

tanpa menghiraukan lagi apa yang dia uatarakan dan tanpa memperdulikan lagi apa yang dia lakukan dan ekspresi yang dia tunjukkan, gw langsung berbalik arah dan mengambil langkah seribu menuju meja billing. Akhirnya gw duduk kembali di meja billing. Setelah merefresh desktop komputer, gw cek kembali yahoo messenger, mungkin ada chattingan yang tertinggal. Namun setelah gw cek semua ternyata tidak ada pesan dari teman yang tertinggal. Gw liat lagi list teman di ym beberapa sudah offline.

Sudah lebih dari setengah jam user tadi tidak memanggilku kembali. Fikir gw mungkin dia ngeri melihat tampang gw tadi, dan sikap gw yang cukup keras. Selang waktu user datang silih berganti memenuhi ruangan lantai 2 yang dari tadi lengang dan hanya di isi oleh satu user yang super menyita kesabaran gw. Kehadiran mereka cukup menekan perkembangan emosi makin menjadi, malah bahkan menurunkan kadar emosi. Ditengah pelayanan gw ke user-user yang baru masuk, user yang awal tadi menaggil gw beberapa kali namun tidak gw hiraukan karena kekhawatiran gw akan kenaikan emosi yang tadi sempat membelenggu gw, daripada nambah parah mending gw diamkan. Namun tidak gw diamkan sepenuhnya, sesekali pada saat gw melewati meja komputer dia dan ketika dia memanggilpun gw hanya menyahut “iya” dan “sebentar ya”, namun tidak ada respon selanjutnya dari gw, sampai pada akhirnya dia mengakhiri ngenet nya. Setelah melewati meja billing dimana gw berada, dia hanya meninggalkan ucapan “terima kasih mas” dibarengi dengan senyum kecil darinya, dan langsung bergegas menuruni anak tangga meninggalkan lantai 2.

Tidak lama dia meninggalkan lantai 2, beberapa user mengikuti jejaknya mengakhiri ngenet, dan beberapa user yang lain berdatangan masuk untuk ngenet. Begitu seterusnya sampai waktu menunjukkan pukul 17:00, yang menandakan jam kerja gw akan berakhir selama kurang lebih 1 jam kedepan. Sejenak gw rebahan dan meregangkan otot, namun tidak lama teman gw sesama operator menyapa gw lewat ym

Uri: juk

Gw : uy

Uri : lagi ngapain lu

Gw: lagi nafas sejenak, sambil meregangkan otot

Uri : begh abis ngapain lu, curiga gw

Gw : kagak ngapa-ngapain juk, cuman gendek aja ngadepin user menjengkelkan

Uri : gaptek maksud lu?

Gw : lebih dari gaptek, klo kata gw mah

Kemudian gw ceritakan dari awal kejadian tadi, dan segimana menjengkelkan user tadi. Temen gw Uri hanya menjawab dengan icon tertawa, dan menanggapi dengan satu kata, “terus”, udah kayak tukang parkir aja terus-terus.

Uri : =)) wkwkwkwkwk

Gw : wah ngejek ini mah, ketawa mulu lu dari tadi

Uri : bukan gitu gw jadi inget ada user yang sama menjengkelkan nya, tapi ce

Gw : yang mana juk?

Uri : yang ce gemuk, yang dulu dia mau print fotonya Justin timberlake. Yang suaranya udah kayak pake toak, inget ga lu?

Gw : =)) oo iya, gw inget, wah klo mereka berdua ada pas gw jaga, ga tau dah bakal jd apa, sungguh terlaluh

Uri : gaya lu ga ketulungan, yang ada lu dengan sabar ngelayanin, ato bahkan lu kecengin ;))

Gw : kurang ajar kau juk

Setelah beberapa detik kami isi dengan senda gurau dan saling mengejek satu sama lain, gw sudahin juga chat sekaligus gw sudahi jaga hari ini. Gw pastikan semua beres dari rekap laporan, beres-beres bangku dan komputer, juga menurunkan mcb seperti biasa, gw bergegas ke lantai 1 menyerahkan laporan shift gw. Gw duduk sejenak dan ngobrol panjang lebar dengan operator yang jaga di lantai 1 sebelum gw pulang, disela-sela obrolan seperti biasa gw suka lihat kanan kiri, apalagi klo ada user yang baru masuk atau mau bayar, kali aja gitu ketemu yang sreg he he. dalam kenyamanan gw liat kiri kanan, seketika pandangan gw terhenti pada saat gw lihat ke kiri untuk kesekian kalinya. Gw liat

Ada user yang menuju ke tempat gw berada dan kelihatannya hendak ngenet, tapi kok kayaknya gw kenal sama user itu ya. Langkahnya mantap, dan cepat, sepertinya dia tipe orang yang menghargai waktu sekali, sehingga dia tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tempat gw. Alangkah terkejutnya gw pada saat dia mendorong pintu dan masuk ke tempat gw berada, dibarengi dengan suara lantang “Ada yang kosong mas”, teman gw menjawab dengan sopannya “Ada” selanjutnya teman gw menunjukkan komputer nomor berapa yang bisa dipakai untuk dia. Dari postur dan suaranya gw bisa mengenal siapa dia, dia adalah ce yang tadi gw bicarakan sama teman gw, user yang sama menjengkelkannya dengan user gw tadi, dan user yang sangat tergila-gila dengan Justin timberlake. Tidak lama setelah user tersebut menempati komputernya, gw bergegas pamit ke teman gw untuk pulang, sudah cukup gw direpotkan sama user tadi, “gw duluan ya, selamat bertugas kawan” pamit gw sambil bergegas keluar dan pulang. Teman gw menjawab pamitan gw dengan tersenyum. Benar saja belum sempat gw buka pintu untuk keluar user ce tadi memanggil teman gw “Mas..Mas..” dengan suaranya yang lantang. Langsung saja gw keluar dengan cengengesan.

********

Read More ..

CATATAN HARIAN OPERATOR KARUNG

JILID KESATU : BUKAN SUPERSTAR


Whoaaaaaaammm, buset ngantuk bener, jaga dah setengah jalan gak kerasa. User udah pada bolak balik keluar masuk. Ga keitung berapa kali kata terima kasih gw ucapin buat mereka. Hari ini gw jaga di lantai 2, seperti biasa, lantai 2 seperti yang dikhususkan buat anak-anak sekolah, bisa keitung user umum yang maen di lantai 2. sempat iseng gw Tanya ke user umum, jawaban mereka beragam, ada yang karena bising suara anak-anak sekolah akhirnya mereka malas untuk maen di lantai 2, ada juga yang bilang karena suasana kurang nyaman, ada yg bilang karena komputernya lambat, macem-macem lah. Hanya yang buat gw heran kenapa pesona gw kagak menarik perhatian mereka ya buat maen di lantai 2 he he he, maaf klo yang satu ini emak-emak juga ogah. Nasib nasib!!.

Tumben kagak ada yang seru hari ini, waktu jalan terus dan lewat tengah hari aktifitas ga ada yang beda. User datang, maen selang 1 sampe 2 jam an selesai pulang. Sebagian besar juga user-user baru yang kagak terlalu familiar wajah-wajahnya buat gw, pantes aja kagak ada yang nongkrong di meja tempat gw duduk, biasanya selalu ada yang ngajak ngobrol tanya ini itu, meskipun kagak ada yang tanya hal-hal pribadi yang sejujurnya gw ngareep banget. Entah kenapa juga hari ini naluri koresponden gw kagak ada. Yang ada gw cuman melayani user seadanya tidak ada basa basi, apalagi kenalan sana sini.

Iseng-iseng daripada kantuk makin jadi, gw perhatiin lagi barisan komputer client yang ditata rapih dua sisi, kanan dan kiri, sisi kiri sejajar dengan tempat gw jaga, sisi satunya lagi berlawanan posisi namun di arahkan berhadapan, masing-masing client di pisahkan oleh sekat kain yang tergantung. User kanan kiri bisa saling melihat satu sama lain, klo niat, buah tebar pesona juga bisa. He he he, sebentar! , itu cuman ada dikamus gw, tapi yang sering gw liat sepanjang gw jaga, kagak sedikit juga user yang tebar pesona dengan sesama user apalagi yang posisinya berhadapan, ada yang senyum-senyum malu-malu kucing, ada yang natap ga berkedip, ada yang maen kucing-kucingan, ada yang terang-terangan kirim-kirim pesan lewat chat client, itu sebagian kecil yang gw perhatiiin, tapi kagak tahu sisanya, bisa langsung kopi darat gw yakin. Tapi satu hal, ternyata tidak cuman gw aja yang tebar pesona, user-user juga tebar pesona ternyata wkwkwkwkwkwkw. Dan satu hal lagi, gw punya cara sendiri buat tebar pesona sama user-user gw pastinya. Caranya? Ntar saja gw kasih tau, di jilid berikutnya.

Tapi ngomong-ngomong tebar pesona ada yang aneh dengan user gw yang maen di no 8 sama no 9, dari gelagatnya dia seperti yang lagi tebar pesona, cuman yang buat jadi aneh. Ha! Sebentar gw hapus keringat gw di dahi dan hidung dulu. Mereka senyum-senyum kecil tapi sambil melirik ke gw, ini gw yang kegeeran, atau memang bener mereka melirik ke gw. Wah sial semakin gw mikirin itu, semakin banyak keringat gw, bisa di dukung sama salah tingkah ini mah. Bener saja, sudah keringat makin kagak ke bendung, gw jadi bingung mau ngapain, kefikiran itu terus, dan mereka tidak henti senyum-senyum kecil sambil melirik ke arah gw. Posisi tempat mereka berada tepat pukul 2 dari tempat gw jaga. Jadi akan semakin jelas terlihat apa yang mereka lakukan.
Mereka siswi-siswi sekolah menengah pertama, terlihat dari rok yang mereka kenakan yakni biru, ada 4 orang yang sampe detik ini tidak henti menguras keringat gw, fiuhhh. Anehnya kok gw bisa sampe salah tingkah gini, padahal tidak pernah ada ketertarikan sama siswi-siswi mau SMP ataupun SMA. Kalo yang pake maha didepan nya alias mahasiswi baru wajar gw bisa sampe kayak gini. Ada sedikit hiburan buat gw, mereka juga tampak konyol dengan malu-malu yang secara tidak sadar mereka tunjukkan. Mereka saling bisik-bisik kecil, yang terdengar kecil sampe ke telinga gw, namun tidak jelas apa yang mereka bisikkan, hanya terasa lucu karena jadi ingat masa-masa gw diusia mereka, yang tidak punya keberanian besar untuk memulai pembicaraan dengan orang yang gw suka, yang ada hanya bisik-bisik ke teman, dia cantik, lucu, kekekekekekekeke. Gak terasa senyum sudah tergambar di bibir gw.

Client no 8 merah disambung dengan client no 9, menandakan 2 client itu sudah selesai ngenet. Mampus mereka selesai dan pasti mereka akan ke meja gw untuk melakukan pembayaran. Jadi malah kefikiran sama gw gini, sial. Mereka mau bilang apa, mau tanya apa, atokah gw yang mulai tanya-tanya, ato mereka hanya senyum-senyum kayak tadi. Tarik nafas dulu ah, tenang…tenang …tenang….

“sudah? no berapa?” gw sapa mereka
“no 8 sama 9 kak” jawab mereka yang tetap senyum-senyum sambil melirik gw. Yang lucu lagi salah satu dari mereka malah seperti sembunyi-sembunyi dibelakang. Tapi tetap melirik ke gw.
“semua 5000 dek, ada makan minum?” sambut gw
“tidak ada kak” jawab mereka sambil menyerahkan uang 5000
“terima kasih” gw ambil uang dari mereka
“kak ada salam dari temen saya” salah satu dari mereka menyampaikan pesan itu sambil menunjuk ke salah satu yang lain, yang dari tadi terus sembunyi dibelakang teman nya.
“oh iya sama-sama, makasih ya” jawab gw
“kaka mirip Afgan” seketika mereka langsung bergegas pergi setelah menyampaikan pernyataan itu.

Byuurrrrr…gw seperti yang di guyur, keringat gw nambah banyak tidak cuman di dahi sama hidung, tapi juga di punggung. Gw cuman bengong, senyum yang gw tunjukkan pun sedikit dipaksakan. Seketika gw ga bisa ngapa-ngapain selain diam. Gw beranjak dari tempat duduk gw menuju wastafel yang berada di sebelah kiri, langsung saja gw cuci muka, dan gw tatap cermin yang berada dihadapan. Dalam benak terus tersebut pernyataan user tadi ”mirip Afgan….mirip Afgan…mirip Afgan”, benak yang lain hanya bisa menjawab “kok bisa?”. Gw tatap terus muka di cermin, sambil berbisik, mirip dari mana nya…, tapi gw jadi inget lagunya project pop yang baru, bukan superstar..
Andai aku jadi Afgan…
Apa yang kan terjadi sama albumku….
Sudah tidak perlu dilanjutkan karena jawabannya sudah pasti ancur, dan tidak laku. Gw hanya senyum-senyum sendiri sambil tetap gw pandang muka gw dicermin sambil sedikit kutirukan model rambut Afgan. Pukkkkk, aw sepertinya ada barang kecil yang mengenai belakang kepala gw. Cak! Gw hentikan sejenak, harusnya nggak kayak gini. Ulang-ulang. Saat gw menatap wajah gw dicermin, gw merasa ada sesuatu yang akan menghampiri kepala gw, seketika mata gw terbelalak dan langsung kepala gw arahkan kesamping, dan benar saja ada gulungan kertas yang melewati kepala gw setelah gw arahkan kesamping, dan akhirnya gulungan kertas itu mengenai ceramin di depan gw terus jatuh kewastefl, dah kayak di film-film kalo begini. Tapi saying ini nyata bukan film dan semua sudah terjadi, dan tidak bisa diulang lagi, gulungan kertas itu sudah mengenai kepala gw bagian belakang, langsung saja gw balikkan badan, dan sebentar gw arahkan pandangan gw kebawah ke gulungan kertas yang sudah berada di dekat kaki gw.

“bengong mulu lu juk, ada yang bayar tuh” teman kerja gw menyadarkan gw selain melempar gulungan kertas tadi. Gw cuman tersenyum sambil secepatnya gw berjalan menuju tempat gw jaga, dan langsung gw layanin user yang mau bayar.

Sebelum gw lanjut, gw mau cerita dulu kenapa temen gw manggil gw juk. Panggilan juk itu dipakai buat manggil temen-temen operator yang co, jadi bukan hanya gw yang dipanggil juk, tapi operator-operator co lain. Sampe detik ini gw belum ngerti banget darimana panggilan itu berasal. Ada yang bilang asal kata dari juki, ada juga yang bilang dari marjuki, karena ada temen operator yang namanya komar, terus dipanjangin jadi marjuki. Entahlah yang mana yang bener, yang pasti panggilan juk atau juki sudah akrab menjadi panggilan buat operator co, termasuk gw.

Gw hela nafas sejenak. Kaget gw masih belum hilang dari lemparan gulungan kertas tadi. Temen gw malah ketawa-ketawa kecil sambil melemparkan cibiran “rasakan lu, sapa suruh bengong”, gw kejar dia langsung lari menuju anak tangga menuju kebawah. Belum sempat gw kejar jauh, ada user lagi yang mau bayar, dengan rela gw hentikan pengejaran dan kulayani user. Tidak lama gw rebahkan punggung di kursi dan gw tenangkan diri terus. Belum lagi gw merasa tenang, temen operator yang jaga di cabang lain menyapa gw lewat yahoo messenger.

“juk” sapa nya
“uy” jawab gw
“lu dah denger lagunya Afgan? Klo belum neh gw dah dapet satu album” tanya nya
“udah tapi cuman yang terima kasih cinta doank, ntar aja gw ambil pake flashdisk” jawab gw
“lu dah liat albumnya belum” sambung nya
“belum, mang knp?” sambut gw
“gw liat-liat, dia mirip lu juk” sambungnya lagi sambil pake icon big grin :D
“ah nyindir lu, mirip dari mana nya” gw sambung sambil berusaha mengelak. Dalam hati pengen gw ungkapin tentang kejadian dengan anak-anak smp tadi, tapi ogah ah.
“serius, gw liatnya sepintas tapi” jawab temen gw sambil memasang icon laugh
“ah bener-bener nyindir lu, kurang ajar, nantikan pembalasankuh” ancam gw
selanjutnya pembicaraan kami saling mengejek dan menyudutkan satu sama lain, meskipun akhirnya tetap gw yang terpojokkan, nasib…nasib….

Perjalanan jaga gw sudah mau berakhir, ditengah perjalanan cukup memberikan warna buat hari ini, meskipun diawal terasa bosan, karena aktifitas tidak banyak yang berbeda. Namun dipertengahan sampai akhir cukup memandikan gw hari ini dengan guyuran keringat dari dahi sampe punggung. Seperti biasa, gw tutup jaga dengan membuat laporan shift. Perlahan tapi pasti user-user gw mulai habis, dan dengan nyaman gw bisa merekap pendapatan hari ini. Peregangan dulu ah, aaaaaahhhh, balikkan badan kanan, balikkan badan kiri. Mayan buat lepasin pegel-pegel. Dah lanjut rekap laporan lagi.

Sebelum gw tinggalkan arena pertempuran gw cek dulu semua komputer sudah mati semua apa belum termasuk monitor, AC, dan kerapihan meja serta kursi kudu binti wajib di cek. Seep, semua sudah rapi, sudah beres semua, tinggal turunin mcb listrik dari yang bernomor besar sampai ke no yang kecil tujuan nya sudah tentu buat nurunin penggunaan daya listrik yang berlebih, itupun kalo tidak salah he he he maaf info seadanya, syukurlah tehnisi sudah dengan baik hati menomori mcb, kalau tidak, bisa gw turunin seenaknya, kekekekekeke. Maaf bos (tehnisi red).

Gw turunin anak tangga menuju lantai satu, gw temuin yang jaga lantai satu, gw kasihin laporan shift seperti biasa, beres,cabuuut. Eh ada yang terlupa, pamitan dolo,
”yu mba gw duluan ya, sampe ketemu besok, ok,” gw kerlingkan mata dulu bentar, biar manisan dikit.
“ok, sampe ketemu besok om Afgan” jawabnya
“ha!, tidaaaaaak” lagi-lagi keringetan, lagi-lagi ga nyaman, langkah seribu gw ambil langsung, pulaaaang.


******

Read More ..