Wednesday, April 8, 2009

CATATAN HARIAN OPERATOR KARUNG

JILID KEDUA : CAPE…DAH….

Sebelumnya di catatan harian operator dodol, beberapa siswi smp ketawa-ketawa kecil seakan tebar pesona , tapi sambil liat ke gw.

“Mas ada salam dari temen”

“Mas mirip Afgan”

keringat sudah tidak terbendung lagi, dari dahi sampe punggung.

“tapi serius juk, .u mirip Afgan, selewat tapi” temen gw melemparkan pernyataan yang sama dengan siswi-siswi smp td siang

mirip Afgan…mirip Afgan…mirip Afgan…..

STOP!!!!!!!!

Ini teh bukan sinetron kok jadi ada review edisi sebelumnya.. cape…daah. Fiuhh!!! gw hapus keringat didahi dan melangkah masuk ke tempat kerja. .

“pagi mba!” sapa gw ke operator yang jaga di lantai 1

“pagi om Afgan” mba menjawab sapaan gw. Langsung saja gw kasih tanda tutup mulut ke mba karena masih merasa tidak nyaman dengan panggilan itu. Benar saja user-user yang sedang asik main seketika langsung mengalihkan pandangan ke arah gw, maluuu gw tundukkan kepala dan melangkah cepat menuju ke lantai 2.

Yoi lantai 2 lagi gw jaga. Seperti biasa, olahraga dulu beres-beres komputer client, naikin mcb listrik, nyalakan komputer billing, tidak lupa juga siapkan makanan minuman yang akan dijual, cek stok awal, jrengg siap jaga. Duduk manis dikursi panas, senyum disiapkan buat user-user yang mau main. Online dulu ah di yahoo messenger, ga online bisa di kasih surat cinta alias surat peringatan sama supervisior (spv) gw.
Jadi teringat kata-kata sakti dari spv yang suka di sampaikan ke semua operator bawahan nya termasuk gw

“inget SOP, SOP…wajib online, tidak boleh makan dibilling, layanin user dengan ramah….bla bla bla…”

banyak bener, saking banyaknya yang inget cuman sedikit he he he, maaf Bu spv.

Waaah sudah banyak juga yang sudah online. Suka asik ngeliat status temen-temen yang online…ada yang jatuh cinta, ada yang narcist ria, ada yang maki-maki, ada yang emosi, ada juga yang saling menjelekkan lewat status. Senyum-senyum gw dibuat sama status-status mereka.

Keasikkan baca status-status temen di yahoo messenger (ym) ga nyadar klo udah ada user yang mau maen.

“Paket Mas”

“Paket yang berapa jam”

“yang 3 jam”

“loginnya di paket, paketnya 2 passwordnya 1 ya”

tidak lama user langsung memberikan uang sebagai pembayaran untuk paket, kemudian gw persilahkan user menuju komputer client yang masih kosong. Gw nyalakan komputernya dan mempersilahkan user untuk menunggu sampai bisa login. “silahkan..”

langsung saja gw kembali ke meja billing dan menenggelamkan diri dalam keasikan chatting via yahoo messenger bareng temen-temen. Namun keasikan itu tidak bertahan lama. User yang maen paket tadi memanggil tampaknya meminta bantuan.

“mas…mas”

“ya…” langsung saja gw beranjak menuju tempat user yang manggil barusan

“cara supaya lagu yang ada di cd saya supaya bisa di dengar bagaimana caranya mas?”

“oo..buka dulu program winamp, terus tinggal di add aja ke playlist”

“bagaimana buka nya mas?”

waah ni bocah kagak ngerti keliatannya. Dengan sabar gw tunjukkin cara-caranya

“begini…”

“terus klo lagu-lagunya sudah masuk daftar, tinggal di play aja…”

“ini contohnya…selanjutnya lakukan sendiri ya”

“oo iya…makasih mas”

“sama-sama”

kemudian ku tinggalkan user tadi menuju meja billing. Namun belum juga gw sampe ke meja billing user tadi manggil lagi

“mas…mas..kok gak bisa ya”

“iya…sebentar”

kesabaran gw sudah mulai terusik neh. Tarik nafas dulu lalu gw balik arah menuju meja user tadi

“gak bisa kenapa”

“ini mas di play ga muncul suaranya”

“sebentar saya liat dulu….cdnya kemana?”

“saya keluarkan mas”

“pantes aja gak bisa, cdnya harus terpasang, jangan di keluarkan dulu klo mau bisa didenger”

“kecuali klo lagunya di copy dulu ke hardisk”

“copy gimana mas?”

wadooh copy aja belum bisa, ampun-ampun, musti ekstra sabar gw. Lagi tarik nafas dulu, lalu dengan perlahan gw kasih tau caranya mengcopy file dari cd ke hardisk.

“selanjutnya kerjakan sendiri lagi ya”

“iya …makasih Mas”

langsung saja setelah itu gw melangkah ke meja billing. Mudah-mudahan dia kagak manggil lagi. Sudah mau sampai ke meja billing. Sudah terbayang saja mau ngelanjutin chatting bareng temen-temen.

Pasti kalian sudah pada nebak user tadi manggil lagi gw terus gw balik lagi ke meja, dan kesabaran gw hampir habis, lalu melangkah dengan sedikit emosi. Bener kan, bener toh? He he he.boong deng hanya menerka-nerka saja. Tapi tenang saja bagi yang tidak menebak seperti itu, anda sungguh beruntung karena akhirnya gw bisa duduk lagi di meja gw dan menikmati asik chatting bareng temen-temen. Chattingan bareng temen-temen cukup menstimulus kesabaran gw yang mulai berkurang, begh bahasanya stimulus kayak yang tau aja artinya paan. Au dah intelekkan dikit.

Seperti sudah santapan sehari-hari chatting selalu mengisi setiap kali gw jaga, mau sama temen sesama operator maupun temen-temen yang baru dikenal bahkan temen yang belum pernah bertemu pun serasa temen yang sudah kenal lama sekali hanya dari chatting. Kalau chatting sudah kagak inget dah yang namanya waktu. Padahal aktifitas pembicaraan nya begitu-begitu saja, dari sekedar say hello sampe curahan hati semua tumpah ruah di chattingan.

“Mas…mas….” User tadi memanggil gw lagi

“iya….” Jawabku sambil melangkah menuju komputer dia bermain

“bisa print tidak mas?”

“bisa, save dulu filenya ke komputernya terus nanti printnya di lantai 1”

“saya mau print file ini mas, bagaimana save nya”

untungnya stimulus sudah bekerja dengan baik, jadi kesabaran gw masih full kapasitasnya. Perlahan tapi pasti gw bimbing user ini bagaimana cara save file dari web.

“sudah, selanjutnya tinggal di print di lantai 1”

“ok makasih mas”

“sama-sama”

kali ini gw tidak langsung menuju meja billing, tapi gw melangkah menyusuri komputer-komputer user, merapikan kursi dan komputer yang kurang rapi. Pada saat melewati komputer user tadi. User tadi meanggilku lagi.

“mas…mas file ini kok tidak bisa di save ya?” segera langkahku menuju komputer user tersebut

“oo..ini file adobe…cara ngesavenya tinggal klik aja icon disket…..” lagi-lagi gw jelaskan dengan sabar

“oke makasih mas”

Kali ini gw hanya menjawab dengan tersenyum, dan bergegas meninggalkan komputer user tersebut. Baru saja gw menduduki kursi billing, user tadi sudah memanggilku lagi

“mas..mas kok filenya tidak bisa dibuka ya”

“iya…” sabar gw udah mulai mengikis… tinggal emosi yang berkecamuk kini, namun kesabaran masih berusaha menenangkan gw. Segera ku temui user tersebut lagi

“kenapa?”

“ini mas filenya kok ga bs dibuka ya, padahal udah saya save”

Gua coba buka file tersebut dan benar file tersebut tidak dapat dibuka, perlahan gw perhatikan yang salah. Tidak lama gw temukan juga letak kesalahan dari file tersebut.

“ngesavenya tadi kayak gimana?”

“klik file terus save as” mendengar yang dia sebutkan gw tertahan dan menghela nafas sejenak.

“tadi kan sudah dikasih tau, klik tanda disket ini terus di save” gw jelaskan kembali dengan sedikit tegas hasil dorongan emosi yang kini sudah mulai mengalahkan kesabaran gw. Kalo bisa digambarkan muka gw sudah setengah merah sebagai ekspresi emosi yang sudah mulai naik.

Terasa kondisi berbeda kali ini gw meninggalkan komputer user tersebut dengan tarik nafas tiada henti sepanjang langkah kaki gw menuju meja billing, bermaksud meredam emosi yang terus beranjak naik, dan terasa sudah mulai panas kini. Dalam tarikan nafas kesekian terhenti, dan langkah kaki mengunci mendengar user tadi lagi memanggil gw, dan seketika peredaman emosi terhenti dan panas mulai meninggi warna merah sudah hampir mewarnai raut muka gw. Fakus fikiran sudah mulai bercabang, detak jantung sudah mulai mempercepat detak nya.

“mas…mas….kalau mau save video dari internet bagimana ya?”

Sepertinya emosi gw sudah tidak terbendung lagi, tapi gw tetep berusaha buat meredam meskipun usaha mendekati sia-sia karena dengan nada sinis gw jawab pertanyaan user tadi

“maaf saya tidak tahu…” padahal sebetulnya gw tahu caranya, hanya untuk menghambat laju pertumbuhan emosi, gw skak pertanyaan dia dengan jawaban tidak tahu. Yang gw liat user itu hanya terdiam saja dengan tampak lugunya, sepertinya juga dia tidak berani menatapku, karena pandangannya terus menuju layar monitor didepan nya. Mungkin warna merah legam sudah memenuhi muka gw, dan dia bisa melihat serta merasakan dari jawaban yg gw berikan tadi. Tanpa sempat gw lihat layar monitor komputer dia atau link video yang mau dia download, gw langsung balik arah kembali menuju meja billing.

Belum sempat 180 derajat gw balikkan badan gw menuju meja billing, user tadi sudah memanggil gw lagi.

“mas…mas kesini sebentar, video ini yang mau saya download bagaimana ya caranya?”

Emosi ini sudah bisa terbendung gw lagi. Rona merah sudah tidak memenuhi muka gw lagi tapi bahkan sudah menjalar kesuluruh tubuh gw. Dan panas pun sudah makin meninggi, bahkan mungkin akan memecahkan termometer apabila dimasukkan ke mulut gw. Dengan berat gw balik arah kembali dan melangkahkan kaki menuju user tersebut. Tiap langkah yang gw tempuh menambah temperatur panas yg gw rasakan. Dengan nada sinis, dan tegas yang sedikit terbata, namun tetap gw pelankan suara gw, yang tidak menimbulkan teriakan yang hanya akan menambah konyol gw.

“Maaf…sekali lagi saya sampaikan, saya tidak tahu caranya download video dari internet”

tanpa menghiraukan lagi apa yang dia uatarakan dan tanpa memperdulikan lagi apa yang dia lakukan dan ekspresi yang dia tunjukkan, gw langsung berbalik arah dan mengambil langkah seribu menuju meja billing. Akhirnya gw duduk kembali di meja billing. Setelah merefresh desktop komputer, gw cek kembali yahoo messenger, mungkin ada chattingan yang tertinggal. Namun setelah gw cek semua ternyata tidak ada pesan dari teman yang tertinggal. Gw liat lagi list teman di ym beberapa sudah offline.

Sudah lebih dari setengah jam user tadi tidak memanggilku kembali. Fikir gw mungkin dia ngeri melihat tampang gw tadi, dan sikap gw yang cukup keras. Selang waktu user datang silih berganti memenuhi ruangan lantai 2 yang dari tadi lengang dan hanya di isi oleh satu user yang super menyita kesabaran gw. Kehadiran mereka cukup menekan perkembangan emosi makin menjadi, malah bahkan menurunkan kadar emosi. Ditengah pelayanan gw ke user-user yang baru masuk, user yang awal tadi menaggil gw beberapa kali namun tidak gw hiraukan karena kekhawatiran gw akan kenaikan emosi yang tadi sempat membelenggu gw, daripada nambah parah mending gw diamkan. Namun tidak gw diamkan sepenuhnya, sesekali pada saat gw melewati meja komputer dia dan ketika dia memanggilpun gw hanya menyahut “iya” dan “sebentar ya”, namun tidak ada respon selanjutnya dari gw, sampai pada akhirnya dia mengakhiri ngenet nya. Setelah melewati meja billing dimana gw berada, dia hanya meninggalkan ucapan “terima kasih mas” dibarengi dengan senyum kecil darinya, dan langsung bergegas menuruni anak tangga meninggalkan lantai 2.

Tidak lama dia meninggalkan lantai 2, beberapa user mengikuti jejaknya mengakhiri ngenet, dan beberapa user yang lain berdatangan masuk untuk ngenet. Begitu seterusnya sampai waktu menunjukkan pukul 17:00, yang menandakan jam kerja gw akan berakhir selama kurang lebih 1 jam kedepan. Sejenak gw rebahan dan meregangkan otot, namun tidak lama teman gw sesama operator menyapa gw lewat ym

Uri: juk

Gw : uy

Uri : lagi ngapain lu

Gw: lagi nafas sejenak, sambil meregangkan otot

Uri : begh abis ngapain lu, curiga gw

Gw : kagak ngapa-ngapain juk, cuman gendek aja ngadepin user menjengkelkan

Uri : gaptek maksud lu?

Gw : lebih dari gaptek, klo kata gw mah

Kemudian gw ceritakan dari awal kejadian tadi, dan segimana menjengkelkan user tadi. Temen gw Uri hanya menjawab dengan icon tertawa, dan menanggapi dengan satu kata, “terus”, udah kayak tukang parkir aja terus-terus.

Uri : =)) wkwkwkwkwk

Gw : wah ngejek ini mah, ketawa mulu lu dari tadi

Uri : bukan gitu gw jadi inget ada user yang sama menjengkelkan nya, tapi ce

Gw : yang mana juk?

Uri : yang ce gemuk, yang dulu dia mau print fotonya Justin timberlake. Yang suaranya udah kayak pake toak, inget ga lu?

Gw : =)) oo iya, gw inget, wah klo mereka berdua ada pas gw jaga, ga tau dah bakal jd apa, sungguh terlaluh

Uri : gaya lu ga ketulungan, yang ada lu dengan sabar ngelayanin, ato bahkan lu kecengin ;))

Gw : kurang ajar kau juk

Setelah beberapa detik kami isi dengan senda gurau dan saling mengejek satu sama lain, gw sudahin juga chat sekaligus gw sudahi jaga hari ini. Gw pastikan semua beres dari rekap laporan, beres-beres bangku dan komputer, juga menurunkan mcb seperti biasa, gw bergegas ke lantai 1 menyerahkan laporan shift gw. Gw duduk sejenak dan ngobrol panjang lebar dengan operator yang jaga di lantai 1 sebelum gw pulang, disela-sela obrolan seperti biasa gw suka lihat kanan kiri, apalagi klo ada user yang baru masuk atau mau bayar, kali aja gitu ketemu yang sreg he he. dalam kenyamanan gw liat kiri kanan, seketika pandangan gw terhenti pada saat gw lihat ke kiri untuk kesekian kalinya. Gw liat

Ada user yang menuju ke tempat gw berada dan kelihatannya hendak ngenet, tapi kok kayaknya gw kenal sama user itu ya. Langkahnya mantap, dan cepat, sepertinya dia tipe orang yang menghargai waktu sekali, sehingga dia tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tempat gw. Alangkah terkejutnya gw pada saat dia mendorong pintu dan masuk ke tempat gw berada, dibarengi dengan suara lantang “Ada yang kosong mas”, teman gw menjawab dengan sopannya “Ada” selanjutnya teman gw menunjukkan komputer nomor berapa yang bisa dipakai untuk dia. Dari postur dan suaranya gw bisa mengenal siapa dia, dia adalah ce yang tadi gw bicarakan sama teman gw, user yang sama menjengkelkannya dengan user gw tadi, dan user yang sangat tergila-gila dengan Justin timberlake. Tidak lama setelah user tersebut menempati komputernya, gw bergegas pamit ke teman gw untuk pulang, sudah cukup gw direpotkan sama user tadi, “gw duluan ya, selamat bertugas kawan” pamit gw sambil bergegas keluar dan pulang. Teman gw menjawab pamitan gw dengan tersenyum. Benar saja belum sempat gw buka pintu untuk keluar user ce tadi memanggil teman gw “Mas..Mas..” dengan suaranya yang lantang. Langsung saja gw keluar dengan cengengesan.

********

No comments:

Post a Comment